Blogger Jateng

TUMIS GENJER PEDAS


Resep Tumis Genjer Bumbu Kencur Sederhana - Zaman sekarang mungkin masih ada yang belum tau apa itu genjer, karena jaman sekarang ini genjer sudah mulai terlupakan. Genjer merupakan tanaman yang tumbuh di rawa, sawah atau kolam berlumpur yang banyak airnya.



Genjer ini bertekstur kenyal ketika sudah dimasak, dan memiliki banyak manfaat, diantaranya meremajakan sel-sel tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker dan masih banyak lagi. Biasanya genjer ini dimasak dengan cara ditumis, apalagi kalo pedas, di jamin ma'nyos ketagihan.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Genjer

Tanaman dengan nama ilmiah "Limnocharis Flava" merupakan jenis tumbuh-tumbuhan yang tumbuh liar di sekitar persawahan. Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang terlapisi oleh lilin dan batang yang berongga. Sebenarnya, tanaman ini bisa menjadi gulma yang berbahaya di daerah persawahan jika tidak diawasi. Jika semakin banyak gulma yang tumbuh di daerah persawahan, maka semakin besar terjadinya perebutan makanan yang terjadi diantara tanaman padi dan genjer.
Genjer hidup selama satu tahun dan selalu berbunga sepanjang tahunnya. Banyak yang melakukan budidaya tanaman genjer baik dengan cara generatif maupun vegetatif. Genjer juga termasuk salah satu jenis tanaman hortikultura. Jadi genjer juga bisa dimanfaatkan sebagai sayur-mayur.
Mengenal Lebih Jauh Tentang Genjer
 Mengenal Lebih Jauh Tentang Genjer
Dahulu, tanaman genjer ini merupakan simbol orang miskin. Pada zaman pendudukan Jepang di tahun 1942-1945, krisis pangan melanda di wilayah Jepang, kemudian genjer menjadi acuan alternatif bahan pokok makanan.
Sekarang genjer tidak hanya dinikmati oleh golongan bawah saja, namun sudah bisa kita nikmati dan dijumpai di berbagai restoran-restoran elit yang menyajikan. Rasanya sangat lezat dan mempunyai gizi yang tinggi. Berdasarkan pendapat dari berbagai penelitia ilmiah, mereka mengatakan bahwa daun tanaman yang katanya berasal dari Amerika ini, sangat baik untuk organ pencernaan manusia. Hal ini dikarenakan genjer memiliki kandungan serat yang tinggi.
Nah apakah kalian sudah membayangkan bagaimana cita rasanya dari sayur genjer ini? Berikut ini bahan-bahan yang harus dipersiapkan serta cara membuatnya yang sudah kami ujicobakan.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Tumis Genjer Bumbu Kencur Sederhana  

  • 2 ikat genjer (buang akar dan cuci bersih)
  • 8 buah cabai rawit (diiris)
  • 1 sdt garam (sesuai selera)
  • 1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)
  • 1/2 sdt penyedap rasa (mecin sesuai selera)
  •  minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawag merah
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 buah kencur kecil
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sdt terasi (jika suka)

Cara Membuat Tumis Genjer Bumbu Kencur Sederhana

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta tomat, cabai rawit, garam, gula pasir dan penyedap rasa sampai harum
  2. Masukkan genjer, masak hingga matang sambil diaduk.

 Mudah dan cepat bukan. Selamat mencoba.


Manfaat Dan Fungsi Genjer Untuk Kesehatan

Berdasarkan pengertian mengenai genjer, sayuran ini memang banyak tak dikenal oleh masyarakat luas. Tapi perlahan ke depannya semua masyarakat akan mengetahui sayuran ini, karena tak hanya bergizi namun manfaatnya bisa kita rasakan kelak. Berikut ini manfaat dan fungsi genjer yang wajib anda ketahui.
Manfaat Dan Fungsi Genjer Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Fungsi Genjer Untuk Kesehatan
  • Membantu memperkuat tulang
    Tahukah anda bahwa genjer juga memiliki nutrisi kalsium yang bermanfaat dalam pertumbuhan tulang pada anak-anak serta memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis pada orang tua. Jadi selain mengonsumsi susu, anda juga disarankan memakan genjer ini
  • Mencegah penyakit jantung
    Antioksidan yang terkandung di dalam genjer ini dapat mencegah datangnya penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Hal ini berkat kandungan polifenolnya yang berperan sebagai antioksidan.
  • Sebagai sumber energi
    Genjer juga merupakan sumber energi didalam tubuh sebagaimana lemak juga berperan sebagai sumber energi. Jika anda termasuk orang yang sangat padat akan aktivitasnya, disarankan memakai genjer ini sebagai sumber energi anda.
  • Membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh
    Tubuh kita setiap harinya memproduksi jutaan sel guna menggantikan sel-sel yang sudah tidak berfungsi. Genjer yang mempunyai sumber protein ini juga berfungsi dalam membantu memproduksi sel-sel dalam tubuh kita.
  • Mencegah sembelit serta kanker kolon
    Apakah kalian tahu, kanker kolon bisa menyerang siapa saja pada segala usia? Hal ini dikarenakan akibat pola makan yang tidak benar, terlebih dampak buruknya pada pencernaan yang tidak lancar. Jika anda mengonsumsi genjer secara rutin, anda akan jauh dari resiko kanker kolon. Sebab genjer juga merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Serat di dalamnya dapat melancarkan pencernaan serta menyehatkan organ pencernaan kita. Selain itu, genjer juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Posting Komentar untuk "TUMIS GENJER PEDAS"