Blogger Jateng

BUBUR KACANG HIJAU YANG SEHAT



Bubur Kacang Hijau adalah Bubur yang bahan dasar nya dari Kacang Hijau, santan kelapa, gula merah, vanili dan daun pandan. Kacang hijau merupakan palawija yang sangat terkenal di kawasan tropika, kacang hijau banyak memiliki mamfaat bagi tuhuh manusia, salah satu mamfaatnya kacang hijau adalah bisa di jadikan sebagai bahan pangan karena kacang hijau mengandung protein nabati yang sangat tinggi, bahkan di Indonesia kacang hijau berada di urutan ketiga terpenting setelah kedelai dan kacang tanah sebagai tanaman yang legum.

Biji dari kacang hijau merupakan bagian yang paling bernilai ekonomi, dimana biasanya orang menjadikan kacang hijau sebagai bubur, yang di sebut bubur kacang hijau, biji kacang hijau banyak banget kegunaannya ada yang di pake untuk daleman kue onde-onde dan masih banyak lagi, sedangkan untuk kecambah kacang hijau bisa di jadikan sayur, tidak cuma itu, kacang hijau bisa di olah menjadi tepung untuk membuat mie atau yang biasa di kenal dengan nama mie soun.

Kalau bicara kacang hijau pasti identik dengan bubur kacang hijau, karena yang rasanya sangat khas dan mengandung protein nabati yang sangat tinggi, sehingga bubur kacang hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, selain cara pembuatannya sangat mudah dan sederhana.


Bahan-bahan bubur kacang hijau:

1.500 gram kacang hijau.
2.600 mil santan.
3.600 gram gula merah.
4.4 liter air.
5.3 helai daun pandan.
6.1,5 sdt garam.
7.2 buah vanili.

Cara membuat bubur kacang hijau:

1.Cuci kacang hijau sampai bersih, buang kacang hijau yang mengambang.
2.Siapkan panci lalu rebus kacang hijau yang sudah di cuci berdih dengan 2,5 liter air sampai mendidih, biarkan sampai kacang hijau empuk atau matang.
3.Kalau kacang hijau nya sudah empuk lalu masukan gula merah aduk hingga gula merah ancur atau mencair, terus masukan 4 liter air, daun pandan, garam dan vanili.
4.Terus tuangkan santan aduk aduk secara perlahan supaya santai tidak pecah.
5.Angkat dan bubur kacang hijau siap di sajikan.

Gampangkan cara membuatnya dan gak perlu ribet, selamat mencobanya terima kasih dan semoga bermamfaat.

Posting Komentar untuk "BUBUR KACANG HIJAU YANG SEHAT"