Blogger Jateng

KULINER RESEP PEPES IKAN MAS KHAS BANDUNG



Resep Pepes Ikan Mas 
dari Bandung. Buat anda pecinta Mie terutama sekali Ikan Mas, berikut ini ada masakan masakan yang terbuat dari Ikan Mas yaitu Pepes Ikan Mas khas Bandung. Pepes Ikan Mas yang akan kami bagikan berikut kami kategorikan ke dalam label Masakan Bandung.

Resep Pepes Ikan Mas dari Bandung -- Perlu anda ketahui, Pepes Ikan Mas ini mungkin sudah sering terdengar di telinga kita masyarakat Indonesia. Akan tetepi tahukah anda bahwa Pepes Ikan Mas pertama kami diperkenalkan di kota Bandung, Jawa Barat. Nah, oleh sebab itulah untuk warga Bandung sudah barang tentu harus dan wajib mengetahui bahan maupun Cara Membuat Pepes Ikan Mas ini, terutama sekali buat ibu-ibu.

Resep Pepes Ikan Mas dari Bandung -- Selain itu, tidak bisa kita pungkiri, Karena penyebaran dan pemasaran Pepes Ikan Mas ini sukses dan banyak disukai oleh masyarakat, bahkan di luar kota Bandung, maka tidak salah juga kan buat kita semua warga Indonesia mencoba membuat Pepes Ikan Mas ini. caranya juga gampang dan bahannya juga banyak kita jumpai di pasaran di sekitar tempat anda biasa berbelanja.

Resep Pepes Ikan Mas - Masakan Khas Bandung -- Siap, langsung saja, apakah anda mulai penasaran dan langsung tertarik untuk membuat Pepes Ikan Mas ini di rumah anda, atau mungkin buat dagangan warung anda, atau pengen jadi penjual Pepes Ikan Mas keliling / lesehan. Tenang, so calm ja ! berikut akan kami bagikan Resep Pepes Ikan Mas, baik bahan maupun Cara Membuat Pepes Ikan Mas ini. Perhatikan dengan seksama ya !

Bahan::

  1. 3 ekor ikan mas
  2. 2 buah jeruk nipis
  3. 5 lembar daun salam
  4. 1 sdt garam
  5. daun pisang secukupnya
Bumbu (dihaluskan)::
  1. 1 cm lengkuas
  2. 13 siung bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. 4 cm kunyit
  5. 2 ruas jahe
  6. 2 batang serai
  7. 1 sdm garam
Bumbu (jangan dihaluskan)::
  1. 16 buah cabai rawit 
  2. 3 batang sereh 
  3. 0,5 sendok teh ragi instan
  4. kemangi secukupnya
  5. 2 batang daun bawang
Untuk bumbu yang tidak dihaluskan::
  1. Iris semua cabe rawit dengan ukuran sedikit agak besar
  2. Untuk sereh, bunda ambil yang berwarna putih saja. lalu iris sereh tersebut
  3. Lakukan cara yang sama terhadap daun bawang, yakni diiris iris
Cara Membuat Pepes Ikan Mas (Bandung)::
  1. Pertama, silahkan bersihkan ikan, kerat kedua sisiknya lalu belah perut dan buang isinya. Lumuri badan ikan luar dalam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit
  2. Sambil menunggu 15 menit, silahkan haluskan bahan yang tercantum dalam komposisi bumbu halus
  3. Kemudian, campur bumbu halus dengan kemngi, ragi instants, potongan daun bawang, cabe rawit, serta serai. aduk campuran bumbu tersebut supaya menyatu
  4. Jika bumbu sudah disiapkan, silahkan lumuri ikan dengan bumbu tersebut. sebagian bumbu masukan kedalam perut ikan
  5. Selanjutnya bungkus ikan yang sudah dibumbui dengan daun pisang, usahakan daun pisangnya sudah layu. caranya bisa bunda jemur
  6. Panaskan air dalam kukusan, jika sudah mendidih, Kukus iakn yang sudah dibungkus selama kurang lebih 2 jam sampai empuk dan matang.
  7. Angkat lalu bakar atau panggang di atas bara api.

Selamat mencoba membuat Pepes Ikan Mas khas Bandung ini, semoga hasilnya memuaskan dan jangan lupa bagi-bagi tetangganya ya, bukan cuma buat keluarganya saja. Terima kasih semoga bermafaat.

Posting Komentar untuk "KULINER RESEP PEPES IKAN MAS KHAS BANDUNG"