Blogger Jateng

KEINDAHAN PANTAI CIJERUK GARUT SELATAN



Pantai Cijeruk Indah.
Para penelusur sudah belum berwisata ke pantai yang sangat menawan di Garut? bila belum cobain nih pantai cijeruk indah karena pantai ini tergolong menawan dan masih perawan lho. Pantai Cijeruk Indah ini terletak di Desa Sagara dan di Pameungpeuk, Garut, Provinsi Jawa Barat dan berlokasi 108 km dari pusat kota Garut.
Para penelusur tau ga yang unik dari Pantai Cijeruk Indah ini? usut punya usut ternyata merupakan salah satu pantai yang juga masih belum banyak dimanfaatkan secara maksimal sebagai lokasi wisata potensial oleh pihak terkait. Dan secara konfigurasi, memiliki lahan dengan kemiringan pantainya yang landai, stabilitas tanahnya yang sedang dan daya serap tanahnya cukup baik. Pasir pantai merupakan jenis material tanah yang berada di Cijeruk Indah ini. Warna air di kawasan ini terdiri dari biru yang berada di tengah pantai dan warna hijau kecokelatan yang terdapat di pertemuan muara dengan air laut.
Para Penelusur yang berwisata kesini pasti ga akan kecewa karena, Pantai Cijeruk Indah ini memiliki tinggi gelombang rata-rata mencapai 1 meter dengan kemiringan dasar laut yang landai sehingga cukup aman untuk berenang. Adapun flora lautnya yang dominan ialah rumput laut, sedangkan faunanya berupa ikan hias, siput, kerang, ikan cangkel dan ikan tenggiri. Material pantainya berupa pasir halus dengan warna material alami di pantai ini putih bersih.
Untuk Para Penelusur yang berwisata Pantai Cijeruk Indah ga usah khawatir, karena terdapat berbagai fasilitas yang disediakan. Seperti 13 kios/warung di sekitar pantai yang terbuat dari kayu yang beratapkan ijuk berwarna hitam dengan menyediakan makanan umum, kondisinya cukup serta terdapat tempat parkir ada 1 buah di dekat pintu masuk dengan daya tampung 4 bus, 8 kendaraan pribadi, 90 motor dengan luas 1500 m2. Kondisi tempat parkir kurang baik, dengan lapisan permukaan tanah dan vegetasi peneduhnya memadai. Pos tiket tidak ada, toilet ada 4 buah dengan sanitasi/kebersihan kurang baik dan kondisi bangunan kurang baik. Tempat bilas, interpretation center dan papan penunjuk arah belum ada. Shelter ada 13 buah (menyatu dengan kios/warung penduduk), dengan kebersihan/sanitasi cukup dan kondisinya cukup. Pos kesehatan ada 1 buah, kelengkapan obat kurang lengkap, kebersihan/sanitasi cukup dan kondisinya cukup. Tempat penitipan barang, bumi perkemahan dan playing ground tidak ada dan belum dibangun akomodasi & took cinderamata. Tempat penyewaaan ada 1 buah, penyewaan rakit dengan jumlah perlengkapan kurang memadai dan kondisinya cukup. Tempat ibadah ada 1 buah, berupa Musholla dengan kondisi kurang memadai. Fasilitas olah raga, shuttle transportasi & panggung terbuka tidak ada. Tempat sampah ada, jumlah tidak jelas (bersifat non permanent berasal dari penduduk) dengan kondisi cukup.
Untuk Para Penelusur yang ingin berwisata ke Pantai Cijeruk Indah ini dapat menggunakan transportasi umum dari terminal terdekat berupa bus yang tidak terjadwal, angkutan kota yang terjadwal dari jam 5 pagi-jam 5 sore. Dan tarif kendaraan tersebut,yaitu (harga sewaktu-waktu berubah):
– Bis Umum dengan tarif Rp. 12.000 / orang
– Bis kota dengan tarif:
Garut – Pameungpeuk: Rp. 10.000/orang
Bandung – Pameungpeuk: Rp. 15.000/orang
– Angkot dengan tarif Rp. 5000 – 6000 / orang
– Ojeg dengan tarif Rp. 25.000 / orang.
Ayo tunggu apalagi? buruan datang dan nikmati wisata di Pantai Cijeruk Indah ini. Berikut beberapa gambar khusus untuk Para Penelusur.
Inilah Keindahan Pantai Cijeruk Indah Yang Sangat Menawan
Inilah Keindahan Pantai Cijeruk Indah Yang Sangat Menawan
Inilah Keindahan Pantai Cijeruk Indah Yang Sangat Menawan
Buat Para Penelusur, jika kalian suka dengan artikel ini tolong kasih comment dan share ya siapa tau teman-temanmu belum tau tempat wisata ini, sekalian membantu memajukan pariwisata indonesia 
Bagaimana? tertarik untuk liburan ke Pantai Cijeruk Indah dengan wisata pantai yang unik ini?
Ayo ajak keluarga, teman, pacar, atau siapalah untuk kesini.

Posting Komentar untuk "KEINDAHAN PANTAI CIJERUK GARUT SELATAN"