Blogger Jateng

WISATA PANTAI TANJUNG PASIR TANGERANG









Di Tangerang Utara ada tempat wisata yaitu Pantai Tanjung Pasir, tepatnya di kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tangerang, sekitar 25 km dari pusat kota Tangerang. Pantai Tanjung Pasir merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat di kawasan Tangerang dan sekitarnya. Tak perlu heran, selain suguhan menarik pantai sambil meihat pesawat take off dan landing, anda juga bisa menyebrang ke kepulaun seribu.
Kepulauan Seribu? Iya, memang kepulauan seribu adalah bagian dari Jakarta tapi Pulau Untung Jawa paling dekat diakses dari Tanjung Pasir. Dari bibir pantai anda bisa melihat banyak pulau di sebrang sana. Ada yang dihuni manusia dan ada yang dihuni rusa saja dan bahkan ada yang tidak dihuni sama sekali. Untuk membedakannya, lihat saja apakah ada menara BTS atau tidak.
Tanjung Pasir dikelola oleh TNI Angkatan Laut (AL). Makanya tidak perlu heran jika gerbang masuk ke Tanjung Pasir terdapat tulisan Posal TNI AL. Biaya masuk tidak terlihat ditulis di pintu masuk. Pengalaman saya, satu mobil dengan 3 dewasa dan 2 anak balita, cukup membayar Rp 25.000,- saja.
pantai tanjung pasir tangerang

Tanjung Pasir sebagai tujuan wisata favorit di Tangerang setidaknya di musim liburan, memiliki fasilitas sbb:
  • Areal parkir luas
  • Warung makan dengan menu hidangan laut (sea food)
  • Mushola tepat di bibir pantai
  • Toilet/kamar mandi bilas
  • Kapal motor menyebrang ke Kepulauan Seribu.

Rute Menuju Tanjung Pasir

Tidak susah untuk liburan menuju Tanjung Pasir. Dari Tangerang kota cari saja jalan ke arah bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Jalan akses ke bandara dari pintu belakang ini terkenal dengan sebutan M1. Sebut saja M1 maka semua sopir angkot dan ojek se-Tangerang pasti tahu. Aslinya, jalan akses di pintu belakang bandara Soetta bernama jl.Suryadharma. Dari sana, terus saja ke arah utara dan kira-kira 5 km menuju lokasi sudah ada petunjuk mengarah ke Tanjung Pasir.
Akses jalan tidak begitu sulit namun anda perlu berhati-hati karena pada beberapa ruas jalannya menyempit, ada pasar tumpah, dan kadang harus berbagi jalan dengan bus besar atau truk. Pada jam-jam tertentu, waspadalah dengan konvoi sepeda motor yang nyaris memenuhi jalan, mereka itu karyawan yang sedang berangkat atau pulang kerja..

Penyebrangan ke Pulau Seribu

Sebenarnya Pantai Tanjung Pasir ini bukan tujuan akhir bagi sebagian besar pengunjung karena di pantainya sendiri tidak banyak hal menarik yang bisa dinikmati. Biasanya para wisatawan itu melanjutkan petualangan dengan menyeberang ke Kepulauan Seribu. Pulau yang paling dekat, paling sering, paling banyak dikunjungi adalah pulau Untung Jawa.
Di Untung Jawa anda bisa menikmati segarnya udara alami yang masih jauh dari pencemaran. Luasnya hutan bakau yang telah dilengkapi jembatan gantung, cukup untuk membuat anda lelah berjalan menyusurinya baik dengan jalan kaki atau naik sepeda. Penyebrangan ke Untung Jawa, tarifnya Rp 25.000,- dari Tanjung Pasir PP.
Di pantai, anda bisa naik banana boat, memancing, bermain pasir putih di pantai, atau sekedar duduk santi menikmati hidangan seafood. Pantainya jauh lebih bersih dari Tanjung Pasir makanya tidak heran jika Untung Jawa relatif lebih dikenal dari Tanjung Pasir sendiri.

Tips wisata murah ke Tanjung Pasir

Berlibur ke pantai identik dengan mengeluarkan biaya dan tak jarang banyak biaya. Pembengkakan biaya ini biasanya karena terlalu banyak membeli makanan/minuman atau belanja apa saja di lokasi wisata. Sebagai contoh, kelapa muda Rp 8.000 sebuah. Relatif murah karena memang disitu ada pohon kelapanya. Air mineral bisa seharga Rp 4.000 sebotol.

Berikut tips untuk liburan hemat dan menyenangkan ke Tanjung Pasir dan Untung Jawa:
  1. Bawa makanan dan minuman sendiri karena makanan dan minuman relatif mahal.
  2. Jika ingin makan ikan bakar, pilih sendiri ikannya dan tentukan berapa yang Anda butuhkan.
  3. Sebaiknya jangan terlalu sore pulang dari Pulau Untung Jawa, karena perjalanan pulang lumayan lama.
  4. Jika masih belum terlalu sore pulangnya, anda bisa mengajak anak-anak berhenti sebentar di luar bandara Soetta sambil melihat pesawat take off dan landing.

Posting Komentar untuk "WISATA PANTAI TANJUNG PASIR TANGERANG"