Blogger Jateng

MANISAN ( KALUA ) KULIT JERUK BALI KHAS CIWIDEY BANDUNG





Siapa yang tidak tau  jeruk Bali.Ya, buah jeruk berukuran cukup besar yang rasa buahnya asam manis. Oh ya, di tempat tinggal saya, Ciwidey, salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Bandung, jeruk Bali tidak hanya di manfaatkan buahnya saja lho. Kulit buahnya, yang selama ini kita tahu hanyalah limbah,ternyata bisa dibuat menjadi manisan. Memang bagi yang yang belum pernah merasakan manisan ini, kedengarannya mungkin agak kurang lazim. Tapi bagi kami para warga Ciwidey, ini adalah makanan khas daerah kami yang menjadi kebanggaan kami.
Manisan ini dinamakan kalua jeruk.Bagi anda yang berkesempatan mengunjungi Ciwidey, tidak salahnya mencoba manisan yang satu ini. Rasanya legit dan manis. Ada beberapa variasi warna dan rasa seperti rasa gula pasir, gula aren, strawberi, dan durian. Harganya bervariasi juga tentunya, dulu berkisar 30 - 40 ribu per kilogram.
Atau bagi anda yang ingin mencoba membuat sendiri,caranya cukup mudah kok. Berikut ini saya kasih resep kalua jeruk.
Bahan :
  1. kulit buah jeruk bali
  2. 1 kg gula pasir
  3. 2 sdm kapur sirih,larutkan dengan 1 liter air
  4. pewarna makanan secukupnya sesuai selera
CARA MEMBUAT MANISAN KULIT JERUK BALI :
  1. Kupas kulit luar jeruk hingga tinggal berwarna putih, potong dengan bentuk sesuai selera lalu cuci hingga bersih. Rendam dengan air larutan kapur sirih hingga semalaman. Setelah dicuci bersih, warnanya akan berubah agak kekuningan. Rebus hingga matang dan bertekstur empuk, angkat dan tiriskan.
  2. Rebus air dan gula hingga mendidih, masukkan sedikit pewarna makanan. Masak hingga agak mengental, masukkan potongan kulit jeruk sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Kecilkan api agar tidak gosong pada saat mengaduk.
  3. Letakkan manisan kulit jeruk di atas tampah atau loyang yang telah dialasi plastik, biarkan sampai dingin dan kering. Masukkan dalam wadah atau plastik kedap udara.
kalua.jpg
Gimana. Tertarik mencoba membuatnya, atau bagi yang gak mau repot membuat sendiri, kalian bisa main ke Ciwidey.Disana kalian bisa mencicipi kalua jeruk dan bisa juga dijadikan oleh - oleh. Selain itu, kalian juga bisa sekalian berwisata ke Kawah Putih, Situ Patengan, Kolam air panas Walini dan Cimanggu, yang semuanya terletak di Ciwidey - Rancabali..

Posting Komentar untuk "MANISAN ( KALUA ) KULIT JERUK BALI KHAS CIWIDEY BANDUNG"