Blogger Jateng

RESEP MANISAN MANGGA MUDA SEGAR






Resep Manisan Mangga Muda Segar
– Manisan mangga muda merupakan salah satu camilan yang enak dan segar. Apalagi bila disajikan ketika musim panas seperti ini, menyantap manisan mangga bisa menjadi alternatif menghilangkan dahaga. Cara membuat manisan buah mangga ini bertujuan untuk mengubah cita rasa buah mangga muda yang tadinya masam menjadi manis. Dan cara mudah membuatnya adalah buah mangga muda di potong-potong kecil lalu di siram dengan kuah gula lalu didiamkan selama beberapa hari.
Proses memasak manisan mangga dengan kuah gula seperti ini terkenal dengan sebutan nama Manisan Mangga Muda Basah. penggunaan kadar gula yang tinggi tersebut dapat membuat buah mangga dapat disimpan dalam waktu yang relatif lebih lama. proses seperti ini disebut dengan proses fermentasi.
Negara-negara yang terkenal dengan makanan fermentasi adalah korea, cina dan jepang. Disana banyak sekali masakan yang diproses melalui fermentasi yaitu cara pengawetan dengan cara didiamkan selama berhari-hari, seperti masakan kimchi korea, yang merupakan sawi putih yang didiamkan selama beberapa hari dengan kuah rahasianya sehingga menghasilkan kimchi yang enak, segar dan menyehatkan.
Lanjut ke manisan mangga, untuk mendapatkan mangga muda bukan hal yang sulit ditemukan di Indonesia. karena mangga jenis mangga Indramayu hampir sepanjang waktu selalu tersedia di pasar tradisional ataupun ditoko buah. pada umumnya mangga indramayu yang masih muda dan mangkal seringkali dikonsumsi untuk dibuat rujak, seperti rujak buah ulek, rujak buah serut ataupun dibuat es mambo rujak yang resepnya sudah kami bagikan beberapa waktu lalu.
Cara sederharna membuat manisan mangga muda sangatlah mudah dan praktis. Anda tinggal merebus kuah gula lalu siramkan ke mangga secara merata dan bisa dikreasikan dengan beberapa cabai agar menghasilkan manisan mangga pedas manis dan segar. Setelah manisan mangga agak dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer. Cara membuat manisan mangga pedas manis sederhana seperti ini hanya mampu mengawetkan manisan selama 2 hingga 3 hari saja.
Berbeda dengan cara membuat manisan mangga muda segar yang akan kami bagikan kali ini. Walaupun anda akan memerlukan waktu yang cukup lama, namun hasil manisan mangga anda akan enak, segar, mantap dan tentu saja akan bertahan lebih lama disuhu ruangan tanpa dimasukkan ke dalam freezer atau lemari es. Jadi resep manisan mangga muda basah ini sangat cocok bagi anda yang berniat berbinis manisan mangga, karena tanpa menggunakan bahan pengawet, anda dapat menyimpan manisan mangga hingga 1 bulan.
Walaupun banyak tersedia manisan mangga yang berwarna kuning merona yang terendam dalam air yang terasa manis, asam dan pedas dimana-dimana seperti di pasar, dipinggir jalan ataupun di supermarket yang biasanya disajikan didalam toples kaca. Namun akan lebih aman bila membuat manisan mangga muda sendiri dirumah, karena pada umumnya manisan mangga yang dijual diluaran memakai bahan pengawet, pewarna kuning dan pemanis buatan sehingga seringkali manisan mangga yang harusnya terasa segar malah menjadi terasa getir di lidah dan tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi secara terus menerus.
Bagaimana, berniat membuat manisan mangga muda yang manis, asam dan pedas ini dirumah? jika iya, yuck disimak Bahan-bahan Dan Cara Membuat Manisan Mangga Muda Segar dibawah ini.

Resep Manisan Mangga Dan Cara Membuatnya

manisan mangga
Resep Manisan Mangga Dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Manisan Mangga :

  • Mangga 3 buah / 1kg ( pilih yang masih muda, kupas lalu potong tipis memanjang )
  • Gula pasir 250 gram
  • Cabai merah keriting 5 butir ( haluskan )
  • Cabai rawit 3 butir ( haluskan )
  • Air 1 liter
  • Garam 1/2 sendok makan

Cara Membuat Manisan Mangga Muda Segar :

  1. Langkah awal, siapkan panci, masukkan air, garam, gula dan cabai yang sudah dihaluskan. masak hingga mendidih dan gula menjadi larut. angkat, biarkan mendingin.
  2. Selanjutnya masukkan mangga ke dalam wadah yang agak besar, lalu tuang air gula sambil diaduk-aduk hingga semua mangga terendam kedalam air gula. tutup wadah, lalu biarkan semalaman.
  3. Hari Kedua : Tiriskan mangga dari air gula, selanjutnya masukkan air gula perendam mangga ke dalam panci lalu rebus kembali hingga mendidih dan airnya berkurang hampir setengahnya, dinginkan. kemudian siramkan kembali air gula kedalam mangga, aduk merata. tutup kembali wadah dan diamkan semalaman.
  4. Hari Ketiga : untuk hari ketiga ini anda cukup melakukan hal yang sama seperti pada hari kedua, kali ini rebus air gula hingga agak mengental. setelah itu dinginkan dan tuangkan ke mangga dan aduk kembali hingga rata. pada tahap ini mangga menyusut hingga separuh volume semula dan terlihat mengkerut dan berbau alkohol. biarkan kembali selama semalaman.
  5. Hari keempat: untuk keesekan harinya bila air gula masih terlihat encer maka rebus kembali hingga mengental. dinginkan dan masukkan mangga ke dalam sirup gula yang telah mengental, aduk rata.
  6. Manisan mangga pedas, manis dan asam segar siap disantap. dengan kondisi seperti ini manisan mangga tahan di suhu ruang. masukan manisan mangga dalam toples yang tertutup rapat.
Agar semakin enak dan segar, saat penyajian anda dapat memasukan beberapa butir es batu kedalam gelas saji. atau bisa juga memasukan manisan mangga ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum penyajian untuk hasil yang dingin dan segar di tenggorokan. Oh iya, sedikit tips dalam membuat manisan mangga ini adalah gunakan mangga yang masih keras. Untuk hasil terbaik gunakan bila mangga yang anda gunakan masih setengah matang saat warnanya mulai menguning, namun masih mangkal dan masam.
Penggunaan mangga seperti ini akan menghasilkan manisan mangga yang lebih sedap dan juga lebih terlihat menarik, yang perlu anda ingat jangan sekali-kali menggunakan mangga yang sudah layu atau terlalu matang, karena ketika terendam di air gula mangga akan menjadi sangat lembek sehingga hasil manisan mangga anda akan kurang memuaskan. demikian informasi tentang Resep Manisan Mangga Muda Segar yang dapat kami bagikan untuk anda. Terima kasih semoga bermamfaat.

Posting Komentar untuk "RESEP MANISAN MANGGA MUDA SEGAR"