Blogger Jateng

WISATA AIR TERJUN ( CURUG ) CIBEUREUM BOGOR






Curug Cibeureum
berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Cibodas atau tepatnya berada di Desa Sindang Laya, Pacet – Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug Cibereum terdiri dari 3 buah air terjun. Yaitu, air terjun utama Curug Cibeureum, dan dua air terjun yang lebih kecil, Curug Cidendeng dan Curug Cikundul. Curug Cibeureum merupakan air terjun terbesar dan terpendek di kawasan Bogor sebagai tempat wisata di bogor yang menarik untuk dikunjungi. Letaknya yang lebih terbuka dan dekat shelter sehingga lebih banyak dikunjungi pengunjung. Nama Cibeureum berasal dari beureum yang berasal dari bahasa daerah setempat yaitu bahasa sunda yang berarti sungai merah. Hal tersebut diambil dari nuansa merah pada dinding tebing yang terbentuk dari lumut merah yang tumbuh secara endemik di sana.
curug cibeureum tempat wisata bogor
Ketiga curug ini mempunyai ketinggian antara 40-50 meter dan berada di ketinggian 1675 m diatas permukaan laut (dpl). Curah hujan di kawasan ini rata rata berkisar 3.000-4.200 mm per tahun. Saat musim penghujan pada bulan Mei sampai Oktober, pada saat musim barat laut rata-rata curah hujannya mencapai lebih dari 200 mm per bulannya. Sedangkan pada bulan Desember sampai Maret curah hujannya mencapai lebih dari 400 mm per bulan.
Di sepanjang jalan menuju Curug Cibeureum, kita dapat menikmati ribuan pepohonan rindang, dan sinar matahari di sela sela dedaunan yang membuat udara menjadi lembab. Tak jarang pula disekitar lokasi Curug Cibeureum terlihat penampakan fauna liar seperti lutung dan lainnya.
rute menuju curug cibeureum
Terdapat dua rute untuk menuju Curug Cibeureum. Pertama melalui jalur lurus, yaitu melalui jalan setapak sejauh 3,2 km. Medan yang dilalui jalur setapak ini cukup melelahkan dan sulit dilewati. Banyak jalan berbatu, tanah lumpur, dan ada juga tanjakan berbentuk tangga yang curam. Sedangkan jalur yang kedua yaitu jalur belok kekanan. Jalan nya juga berbatu, namun bisa dilewati oleh kendaraan. Hanya saja jalannya lebih jauh dan memutar.
Bagi pengunjung yang tidak sempat berbekal makanan, di Curug Cibeureum juga tersedia warung-warung makanan seperti mie rebus, minuman hangat kopi, bandrek, jagung bakar bahkan adapula yang menjual cinderamata. Warung ini buka setiap hari dari 05.00 hingga pukul 02.00 WIB. Bahkan saat akhir pekan, buka 24jam.
Baca juga tempat wisata di bogor lainnya :

Posting Komentar untuk "WISATA AIR TERJUN ( CURUG ) CIBEUREUM BOGOR"