Blogger Jateng

RESEP DODOL NANAS YANG SPECIAL



Kalo lewat ke Kota Subang pasti ingat Nanas, karena Kota Subang sebagai penghasil nanas di Jawa Barat. Nanas yang dihasilkan dari bumi Subang mempunyai rasa yang berbeda dengan ciri khas rasa manisnya. Ternyata selain diperjual belikan dalam bentuk buah dengan tangan-tangan kreatif nanas bisa diubah menjadi dodol. Dodol khas garut yang biasa terkenal dengan rasa manisnya di Subang dodol mengalami inovasi pada penambahan rasa nanas. Dodol nanas memiliki ciri khas rasa yang berbeda dari dodol pada umumnya. Nah, cara membuat dodol nanas khas Subang ternyata sangat mudah dan sama dengan dodol garut.
Cara Membuat Dodol Nanas khas Subang
Pada artikel kali ini kami akan mengulas bagaimana cara membuat dodol nanas khas Subang. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi membuat dodol nanas sangatlah mudah dan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan pembuatan dodol garut. Hal utama yang perlu Anda lakukan dalam membuat dodol nanas dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang perlu Anda persiapkan sebagai berikut.
Bahan
  • 1 kg Buah Nanas
  • 150 gram Gula merah
  • 50 gram Gula pasir
  • 50 gram Tepung ketan
  • Vanili secukupnya
  • Santan Kelapa

Cara membuat dodol nanas
Sebenarnya membuat dodol nanas tidak berbeda jauh dengan membuat dodol garut. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan Anda bisa mengupas nanas yang sudah disiapkan kemudian cuci bersih sampai hilang getahnya. Setelah nanas bersih kemudian haluskan dengan menggunakan parut ataupun blender. Nah kemudian Anda bisa membuat adonan dodol nanas dengan mencampurkan gula pasir, gula merah, tepung ketan, vanili, santan dan nanas yang sudah dihaluskan. Langkah selanjutnya dalam membuat adonan Anda masak dan diaduk sampai merata dari bahan yang sudah dimasukkan.
Setelah adonan yang Anda masak benar-benar sudah matang langkah terakhir Anda angkat adonan. Kemudian masukan dalam cetakan maupun loyang untuk didinginkan. Dan yang terakhir setelah adonan dingin dodol nanas diiris kecil-kecil untuk kemudian disajikan. Anda bisa menikmati dodol nanas khas Subang dari buatan Anda sendiri pastinya untuk masalah rasa akan lebih nikmat. Demikian cara membuat dodol nanas khas Subang untuk bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

Posting Komentar untuk "RESEP DODOL NANAS YANG SPECIAL"