Blogger Jateng

RESEP BIHUN GORENG ENAK SEDERHANA



Cara Membuat Resep Bihun Enak
. Teman teman penggemar kuliner di Indonesia pasti sudah tahu dong makanan berbentuk seperti mie tapi lebih tipis ini yang bernama bihun. Ya, biasanya kita pasti lebih sering mengenal salah satu jenis variasi mie bihun ini sebagai salah satu isi bakso, ketoprak, nasi uduk dan yang lainnya. Tetapi tahukah teman teman bahwa sebenarnya kita bisa membuat berbagai masakan bihun, seperti bihun ayam, kue bihun, bihun kuah dan bihun goreng. Kali ini, saya akan mengajak teman teman untuk mencoba dan memberikan cara membuat bihun goreng yang enak dan sedap.
Seperti mie, bihun sebenarnya berasal dari China atau Tiongkok. Masakan bihun juga sangat terkenal dan popoler di beberapa negara Asia lainnya, seperti India, Malaysia, Thailand dan yang lainnya. Tidak seperti mie yang terbuat dari tepung terigu, bihun goreng terbuat dari bahan dasar tepung beras sehingga teksturnya lebih keras daripada mie. Seperti makanan yang terbuat dari tepung beras lainnya, resep bihun goreng ini sedikit sekali mengadung lemak dan juga banyak mengandung kalori dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh kita untuk beraktivitas. Selain itu, mie bihun juga mengandung zat besi, kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan tulang di saat masa pertumbuhan.

Mungkin resep bihun goreng tidak sepopuler mie dan biasanya hanya digunakan untuk bahan pelengkap masakan yang lain, tetapi kalau masalah rasa sebenarnya kedua jenis resep mie tersebut sama sama enak dan cocok sekali untuk teman makan nasi, apalagi kalau ditambah beberapa bahan pelengkap lain di dalam resep bihun nya, seperti daging ayam, udang dan yang lainnya. Tidak seperti mie kuning atau mei putih yang teksturnya agak lembek sehingga bisa langsung dimasak, bihun mentah teksturnya agak keras sehingga perlu direndam beberapa saat dengan air panas sebelum bisa digunakan dan dimasak menjadi berbagai masakan. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan resep bihun goreng enak dan cara membuat bihun goreng dengan mudah di bawah ya.
resep bihun goreng enak
resep bihun goreng spesial

Bahan bahan dan Bumbu Resep Bihun Goreng Enak

  1. Bihun mentah kualitas bagus sebanyak kurang lebih 400 gram. Gunakan bihun yang warnanya putih sedikit kusam karena itu warna alaminya.
  2. Daging ayam segar kurang lebih sebanyak 150 gram saja. Pilih bagian dada yang banyak dagingnya dan rebus sebentar supaya mudah untuk dipotong potong kecil.
  3. Udang segar kurang lebih sebanyak 80-100 gram. Buang kotoran dan bersihkan lalu rebus sebentar supaya mudah untuk dipotong potong sesuai selera.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2 pcs. Goreng telur di orek seperti membuat nasi goreng supaya mudah saat dicampur dengan bihunnya.
  5. Wortel segar kualitas bagus dan ukurannya kecil satu pcs atau setengah kalau besar. Cuci bersih, kupas kulitnya lalu potong kecil kecil memanjang (seperti bentuk korek api).
  6. Daun bawang ukuran sedang 2 pcs. Cuci bersih lalu potong kecil kecil.
  7. Sayuran sawi hijau segar kurang lebih 1 ikat saja. Cuci bersih sebelum digunakan dan potong kecil kecil sesuai selera.
  8. Kol secukupnya kalau suka.
  9. Kecap manis kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan. Gunakan kecap yang kental supaya hasilnya lebih enak dan legit.
  10. Merica halus atau bubuk secukupnya sesuai selera.
  11. Bawang putih ukuran besar kurang lebih 4-5 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk ditumis.
  12. Bawang merah ukuran sedang kecil 2 pcs saja. Kupas kulitnya lalu haluskan untuk ditumis.
  13. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh.
  14. Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Bihun Goreng Enak Spesial Mudah

  1. Langkah pertama adalah rendam bihun mentahnya dengan air panas sampai lunak. Ganti air rebusan setiap 5-7 menit sampai matang. Setelah matang siram dengan dengan air dingin supaya proses pemasakannya berhenti dan bihun tidak terlalu lembek.
  2. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dan tumis sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan daging ayam dan daging udang yang sudah dipotong kecil kecil terlebih dahulu dan aduk aduk sampai daging berubah warnanya.
  4. Goreng telur diorak arik sebentar dan campur dengan bumbu tumisan beserta daging ayam dan udang diatas. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Masukkan sayuran sawi yang sudah dipotong potong, worel yang sudah diiris dan kol kalau pakai. Campur semua bagian sampai sayuran layu.
  6. Masukkan daun bawangnya. Aduk aduk kembali supaya smeua bahan resep bihun tercampur sempurna.
  7. Masukkan bihun nya dan aduk aduk aduk kembali dengan semua bahan sampai tercampur rata.
  8. Masukkan lada halus, garam dapur beryodium dan kecap manisnya. Aduk dan campur semua bahan sampai rata dan meresap ke dalam bihunnya.
  9. Cicipi dulu, tambahkan kecap dan garam kalau dirasa perlu.
  10. Angkat dan sajikan resep bihun goreng spesialnya di piring sajian.
Bagaimana menurut teman teman cara membuat bihun goreng diatas? Cukup mudah dan sederhana bukan? Untuk menambah cita rasa, teman teman bisa menaburkan bawang goreng di atasnya dan memberikan beberapa irisan buah tomat dan ketimun. Sebenarnya tidak cuma ayam dan udang saja yang bisa digunakan untuk bahan tambahan, teman teman bisa juga menambahkan bakso, cumi, kol, kentang paprika dan bahan lain.

Posting Komentar untuk "RESEP BIHUN GORENG ENAK SEDERHANA "