Blogger Jateng

WISATA MESJID AL-ADZOM TANGERANG











Bukan di Kota Bekasi saja yang memiliki Mesjid kebanggan seperti Mesjid Masjid Raya Al Barkah dan Depok yang identik dengan Mesjid Kubah Mas, masyarakat Kota Tangerang juga bangga akan keberadaan Masjid Raya Al Azhom. Rumah ibadah umat muslim ini berlokasi di Jalan Satria Sudirman, Suka Asih, Tangerang, Banten.
Masjid  Al  Azhom berdiri di atas sebidang tanah yang luasnya 2,25 hektar. Masjid terbesar di Kota Tangerang ini mulai dibangun tahun 1997. Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh walikota yang kala itu menjabat yaitu Djakaria Mahmud. Masjid yang mampu menampung  15.000 jamaah tersebut dirancang berdasarkan referensi yang berasal dari Al Quran dan As Sunnah. Desainnya juga berpegang pada seni Islam atau arabesque.
53 kubah masjid_raya_al-azhomBila diperhatikan, bangunan Masjid raya Al Azhom mirip dengan Masjid Aya Sofia yang ada di Istanbul, Turki. Masjid raya di Tangerang ini memiliki lima kubah dengan bentuk menarik. Kubah utamanya diapit oleh kubah-kubah kecil yang saling bergandengan. Selain itu, tempat ibadah ini juga dilengkapi dengan menara pada keempat sisinya.
Masjid dengan warna dominan biru tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan ibadah maupun keperluan lain. Masjid Raya Al Azhom memiliki tempat sholat khusus pria maupun wanita yang masing-masing disertai tempat wudhu, ruang mihrab dan persiapan, ruang pengkajian, ruang perpustakaan, hingga ruang kantor dan peralatan.
53 tempat sholat
Pelataran masjid yang dihiasi ukiran-ukiran indah tersebut juga dilengkapi dengan taman. Halaman yang luasnya mencapai 14 ribu meter persegi itu ditanami tanaman bunga serta pepohonan untuk memberikan rasa teduh. Tempat tersebut juga sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat parkir kendaraan.
Kemegahan Masjid Al Azhom dapat dilihat saat Anda take off dari Bandara Soekarno-Hatta. Jarak antara masjid kebangaan warga Tangerang dengan bandara internasional itu hanya 30 menit perjalanan. Bila ingin berkunjung ke sana, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Setelah melewati Jalan Tol Tangerang-Merak, belok kanan ke Jalan Mohamad Thamrin. Dengan mengikuti jalan tersebut Anda akan sampai di Jalan Jendral Sudirman yang mengarah langsung ke Masjid Al Azhom.
53 masjid raya al azhom

1 komentar untuk "WISATA MESJID AL-ADZOM TANGERANG"