Blogger Jateng

WISATA DANAU CIPULE KARAWANG




Kota karawang terkenal dengan goyangannya, siapa yang tidak tau goyangan Karawang, pasti pada tau. Karawang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang sebagian besar wilayahnya berupa dataran rendah dengan wilayah pantai yang luas. Daerah ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata seperti Pantai Tanjung Pakis dan Pantai Samudera Baru. Selain wisata pantai, di Karawang sobat traveler juga dapat menemukan tempat wisata alam nan indah. Salah satunya di Danau Cipule.

Danau Cipule merupakan salah satu danau di Karawang yang dapat menjadi pilihan tempat untuk berwisata bersama keluarga. Danau seluas 90 hektar dengan kedalaman 2 meter hingga 2 meter ini menawarkan suasana asri yang cocok sebagai tempat melepas penat.
Danau Cipule terletak di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang yang berjarak sekitar 20 km dari Kota Karawang. Cukup mudah untuk menjangkau dan menemukan letak danau ini. Lokasinya juga berada tak jauh dari Bendungan Walahar.
Tempat yang disebut juga dengan nama Situ Cipule ini memiliki pulau kecil di tengah danau yang dinamai Pulau Cinta. Entah dari mana asal usul nama pulau tersebut, akan tetapi Pulau Cinta ini sangat ramai oleh wisatawan. Bagi sobat traveler yang ingin ke Pulau Cinta dapat menaiki perahu sampan dengan waktu kurang dari lima menit.
Pulau Cinta memiliki luas sekitar 2000 meter persegi. Pulau yang ditumbuhi pepohonan rindang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti saung bambu beratap rumbia, area bermain anak-anak, dan penjual makanan serta minuman. Di pulau ini sobat traveler dapat merasakan semilir angin sambil menikmati kuliner di warung sederhana yang menawarkan menu ikan hasil tangkapan dari Danau Cipule.

Perlu diketahui bahwa dibalik keindahan danau yang kini menjadi tempat wisata ini terdapat sejarah bila danau buatan ini terbentuk karena penambangan pasir. Namun, berkat Pemerintah Jawa Barat, lahan bekas galian yang terbengkalai ini dapat berubah menjadi tempat wisata yang menyejukkan. Danau ini juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan lomba dayung dalam acara SEA Games 2011 dan berbagai event perlombaan air lainnya.

Posting Komentar untuk "WISATA DANAU CIPULE KARAWANG"