Blogger Jateng

WISATA TAMAN BUAH MEKARSARI BOGOR




Deskripsi Wisata Taman Buah Mekarsari
Wisata Taman Buah Mekarsari Bogor merupakan salah satu tempat rekreasi agrowisata yang terkenal di Bogor. Taman Wisata Mekarsari memiliki 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon, termasuk di antaranya tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman industri, dan tanaman pelindung. Di sini terdapat pula laboratorium untuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan yang menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, nenas arnis, jambu air toon klow, serta persilangan buah cempedak dan nangka yang dinamakan pedakka, cempeka, dan nangkadak. Selain itu, di Taman Wisata Mekarsari, Anda juga dapat menjumpai tanaman-tanaman langka seperti bunga bangkai, sawo kecik, kesemek, serta tanaman-tanaman tropis seperti salak, nangka, jeruk, rambutan, belimbing, melon, dan masih banyak lagi.

 Sejarah Wisata Taman Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari yang digagas oleh Almarhum Ibu Tien Soeharto yang dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan pada tahun 1995 awalnya bernama Taman Buah Mekarsari. Namun seiring bertambahnya varian tanaman yang dibudidayakan tidak hanya jenis buah-buahan saja, melainkan juga jenis sayur-mayur serta tanaman hias, maka pada tahun 2004 Taman Wisata Buah Mekarsari berganti nama menjadi Taman Wisata Mekarsari. Selain itu, di area wisata dengan luas total 264 hektar ini, sekarang telah disediakan wahana permainan menarik untuk menambah kegembiraan bagi para wisatawan yang berkunjung.

 Jam buka dan Harga Tiket Masuk Taman Wisata Mekarsari
  1. Jam Buka.
    • Senin sampai dengan Jumat (kecuali hari libur) buka pada jam 10.00 – 16.30 wib
    • Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional buka pada jam 09.00 – 16.30 wib.
  2. Harga Tiket Masuk.
    • Senin sampai dengan Jumat: Rp.25.000,- (Dewasa dan anak-anak)
    • Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional: Rp.25.000,- (Dewasa dan anak-anak)
      Menariknya, di sini menggunakan sistem Top Up, yaitu pengisian saldo agar dapat menggunakan wahana sehingga Anda tidak perlu mengantre untuk membeli tiket jika ingin menaiki suatu wahana. Tiket masuk sebesar 25.000 Rupiah tersebut berisikan 15.000 Rupiah untuk tiket masuk kawasan, 10.000 Rupiah untuk gelang RFID, gelang inilah yang digunakan untuk pengisian saldo. Jika Anda pulang, Anda bisa membawa pulang gelang RFID ini maupun menukarkannya kembali, kemudian Anda akan mendapatkan sisa saldo yang ada di gelang tersebut.

 Lokasi atau Alamat Taman Wisata Mekarsari
Lokasi Taman Wisata Mekarsari yang beralamat di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM. 3, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat ini sangat mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaran umum.
Dengan transportasi umum:
  1. Dari Kampung Rambutan.
    Anda dapat menaiki angkutan kota Kowanbisata jurusan Bogor – Jonggol dan turun tepat di depan gerbang Taman Wisata Mekarsari.
  2. Dari Kota Bekasi.
    menggunakan bus Kowanbisata jurusan Bekasi – Jonggol, maka Anda akan dapat turun di depan tempat wisata Taman Wisata Mekarsari.
Jika Anda berkeinginan untuk menggunakan transportasi pribadi, Anda dapat mengikuti jalur tol Jagorawi yang keluar di Gerbang Tol Cibubur kemudian menuju jalur Cileungsi. Anda akan sampai di Taman Wisata Mekarsari dalam kurun waktu sekitar 20 hingga 30 menit sejak keluar dari tol.

 Aktivitas Wisata yang Bisa Dinikmati
Ada banyak sekali kegiatan wisata yang bisa dinikmati di area Taman Wisata Mekar sari Bogor. Berikut beberapa di antaranya yang jadi favorit para pengunjung yang terbagi ke dalam 2 kategori:
  1. Atraksi Wisata.
    • Atraksi air: Mini Aqua Boat, Water Bike, Floating Donat, Banana Boat, Giant Bubble.
    • Atraksi sepeda: Sepeda tandem, sepeda Tuk-tuk (sepeda khas Thailand), dan ATV.
    • Atraksi kebun dan budidaya: di area ini, kita akan mendapatkan pengarahan serta praktik langsung tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar.
    • Outbond: Halang rintang, flying fox, dayung rakit berkelompok, dan panjat tebing.
    • Area Bermain: Mono Rail, Aeroplane, Mini GoKart dan Fancy Train.
    • Olahraga: jalan sehat, senam, bersepeda.
    • Pertunjukan: ada dua jenis pertunjukan yang dapat dinikmati: pertama adalah Pongo Show yaitu sebuah pertunjukan komedi interaktif dengan teknologi canggih yang tampil 2 x sehari pada hari Senin – Jumat, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tampil 4 x pertunjukan. Kedua adalah pertunjukan operet dengan berbagai tema, kelucuan dan kelincahan para badut buah yang dengan riang menari, barisan kostum aneka tema yang dikemas dalam sebuah Karnaval.
  2. Paket Wisata.
    • Back to Green World
    • Come Out and Play
    • Company & Family Gathering
    • Fun Days
    • Kids Farm
    • Tour of Since
    • Tropical Camp
    • Paddy Legend

 Fasilitas di Wisata Taman Mekarsari
  1. Hotel dan Penginapan.
    Di area wisata Taman Mekarsari sudah ada penginapan dengan konsep yang menarik, yaitu Rumah Pohon yang dapat diisi maksimal 4 orang dengan tarif Rp.770.000,- (week day), Rp.990.000,- (weekend) dan D’Cabin yaitu penginapan dalam kendaraan trailer yang dapat diisi maksimal 4 orang dengan tarif Rp.660.000,- (week day), Rp.880.000 (weekend).
  2. Rumah Makan
    Di dekat taman wisata Mekarsari terdapat CFC yang bisa dijadikan salah satu alternative tempat makan bagi Anda dan keluarga. Namun jika Anda mencari rumah makan yang bagus, maka Anda harus berkendara menuju jalan Raya Alternative Cibubur atau kurang lebih 6 km dari taman Mekarsari. Di sana terdapat rumah makan Pondok Kemangi yang menyajikan makanan khas gurami goreng yang gurih dengan lalapan dan sambal yang siap menggoyan lidah Anda. Tempatnya yang sejuk tentu akan semakin menambah suasana makan Anda semakin nikmat.
  3. Parkir Kendaraan
    • Sepeda motor: Rp.5.000,-
    • Mobil: Rp.15.000,-
    • Bus: Rp.Rp. 35.000
  4. Toilet Umum
    Terdapat banyak toilet umum di beberapa titik arena di Taman Mekarsari. Namun usahakan sebelum berkeliling menggunakan kereta sebaiknya Anda segera ke toilet karena ketika berkeliling dengan kereta untuk melihat perkebunan buah dan sayur mayur, Anda akan sulit menemukan toilet.
  5. Toko Souvenir.
    Anda dapat membeli souvenir sebagai oleh-oleh di kawasan Garden Paradiso. Tempat ini menjual berbagai koleksi tanaman bonsai dan dijual dengan harga yang terjangkau. Terdapat juga berbagai macam pedagang makanan dan minuman, serta kios suvenir (kaus, kerajinan tangan, topi, gantungan kunci, dan lain-lain).

Posting Komentar untuk "WISATA TAMAN BUAH MEKARSARI BOGOR"