Blogger Jateng

GULAI DAGING KAMBING YANG EMPUK DAN GIRUH




Gulai kambing adalah makanan yang enak gurih dan mantap untuk di santap dengan nasi,hari raya idul adha kan sebentar lagi pasti banyak daging kurban yang bingung untuk mengolahnya,ada yang buat sate,ada yang di tongseng ada juga yang buat kere,setiap hari raya pasti temen-temen selalu di tunggu-tunggu dan merayakannya dengan sangat gembira.

Sekarang sayang akan mengajak temen-temen untuk membuat gulai kambing yang empuk dan giruh,memasak gulai atau soto sebenarnya gampang-gampang susah,buat sebagian orang yang tidak tau atau caranya memasak gulai memang susah,terutama untuk menghilangkan bau amis nya daging kambing,yang biasanya mengurangi kelezatan masakan gulai,dan membuat sebagian orang enggan mencicipinya karena bau amis.tapi kalau temen-temen sudah tau caranya untuk menghilangkan bau amisnya daging kambing.

Biasanya kan kebanyakan kalau mau memasak yang bahan utamanya daging pasti temen-temen selalu mencuci nya dahulu nyampe bersih,langkah pencucian sebenarnya gak usah di lakukan,teman-teman bisa merebusnya dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran atau darahnya,setelah itu daging kambingnya di beri perasan air jeruk biar bau amis daging kambingnya gak ke cium lagi.

Bahan-bahannya:
1.500 gram daging kambing iganya
2.jahe 1,5 cm di haluskan
3.3 siung bawang putih di haluskan
4.5 siung bawang merah di haluskan
5.kunyit 2 cm di haluskan
6.merica 1/2 sdt di haluskan
7.3 buah kemiri di haluskan
8.5 buah cabe merah besar di haluskan
9.1 batang serai di geprek
10.2 buah daun salam
11.2 buah daun jeruk
12.gula putih secukupnya
13.2 sdm kecap
14.garam
15.penyedap
16.minyak goreng untuk menumis bunbu
17.setengah butir kelapa parut ambil santennya

Cara memasaknya:
1.siapkan panci dan isi air secukupnya,rebus dulu daging iga sampai mendidih untuk menghilangkan bau khas daging kambing
2.sambil nunggu daging agak embuk siapkan bumbu yang di haluskan.
3.siapkan katel atau wajan untuk menumis bumbu yang di haluskan,teus daun salam,daun jeruk dan serai aduk hingga bunbu harum dan matang,di masak dengan api sedang biar gk gosong.
4.setelah daging agak empuk angkat daging buang airnya.
5.terus isi panci dengan air baru 1.25 liter sampai mendidih,lalu masukan daging yang di rebus nyampe agak enpuk,lalu masukan bumbu yang sudah di goreng aduk hingga rata.
6.terus masukan air santan aduk rata,awas pengadukan jangan santai santannya pecah,karna bisa mengurangi rasa,lalu masukan garam,gula putih,penyedap secukupnya,kalau sudah terasa angkat da tiriskan.
Gulai kambing sekarang bisa di dapatkan di warung makan atau restaurant,tapi kenapa gk coba temen-temen masak sendiri lebih enak,semoga bermamfaat dan selamat mencoba,terima kasih.

Posting Komentar untuk "GULAI DAGING KAMBING YANG EMPUK DAN GIRUH"