Blogger Jateng

DJAWARA WAROENG GAUL GARUT






 Garut yang mendapat julukan Swiss Van Java, memiliki komoditas terkenal kopi Priangan atau Preanger. Jika pada umumnya kopi diseduh, kali ini kopi bercita rasa khas dan kuat ini diolah menjadi saus untuk hidangan steak daging sapi. Menu kreatif inilah yang ditawarkan oleh resto dan cafe Djawara di Jalan Cimanuk 336, Kabupaten Garut. Menu bernama Djawara Steak ini memakai daging sapi bagian tenderloin dan saus kopi arabika asli Garut dari Kopi Boehoen.
Dodo, sang Chef Djawara, menuturkan dalam pengolahannya, daging tenderloin dipanggang dengan kematangan sampai tiga per empatnya. Penyajiannya, daging pun diletakkan di atas potongan kentang rebus dan berbumbu. Sebagai asupan sayuran, potongan daun pak coy rebus disusun di atas daging bersama garnish berupa pasta yang digoreng kering. Baru setelahnya, saus kopi arabika dituangkan di atas daging.
“Steak tenderloin dengan saus kopi ini merupakan salah satu menu andalan kami. Kalau biasanya steak menggunakan saus barbecue, kami berkreasi dengan kopi, dan menggunakannya untuk saus steak,” kata Dodo, Sabtu (09/05).

Walaupun tidak dipanggang sampai kering, daging steak ini mudah dipotong, sangat empuk seperti direbus terlebih dulu. Saat dikunyah, kaldu daging yang terkunci dalam setiap seratnya akan lumer dan memenuhi rongga mulut. Rasa lezat dari daging steak ini berpadu dengan rasa unik dari kopi. Walaupun berbahan kopi, saus steak ini tidak pahit. Rasa dan aroma kopi arabika dalam saus ini dilembutkan oleh paduan krim susu dan rasa bawang putih.
Rasa rempah dan bumbu lainnya dalam saus kopi ini tidak begitu terasa. Rasa kopi arabika yang berpadu dengan kelembutan krim susu sangat dominan, mewarnai lezatnya daging steak yang memanjakan mulut. Kentang rebus yang lembut dan potongan daun pak coy rebus yang segar siap mengenyangkan perut sebagai pendamping steak. Garnish berupa pasta goreng yang renyah terasa seperti kerupuk, makanan kesukaan orang Indonesia.
Menu Djawara Steak ini enak dinikmati bersama minuman segar. Dengan suasana vintage di restoran Djawara, menu steak favorit ini ditawarkan seharga Rp. 31.500 per porsi

Posting Komentar untuk "DJAWARA WAROENG GAUL GARUT"