Blogger Jateng

MANISAN LABU KUNING YANG ENAK DAN MANIS

Hasil gambar untuk manisan labu kuningManisan Labu Kuning
Manisan adalah salah satu hasil dari pengawetan dengan gula. Tujuan dari pemberian gula dengan kadar tinggi pada manisan, selain untuk memberikan rasa manis, juga untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisme (jamur, kapang). Dalam proses pembuatan manisan inin juga menggunakan air dan garam serta air kapur untuk memperthankan bentuk (tekstur) serta menghilangkan rasa gatal atau getah pada buah.
Pengolahan utama manisan buah adalah meningkatkan kadar gula dalam buah sehingga tidak sesuai lagi bagi pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan. Manisan buah pada umumnya dibedakan menjadi dua, yaitu manisan buah bsaha dan manisan buah kering. Manisan basah sering dikonsumsi bersama sirup gula atau dilumuri gula pekat bekas perendamannya. Sementara itu manisan kering merupakan manisan buah yang dikeringkan dibawah sinar matahari atau menggunakan oven pengering setelah direndam didalam air gula pekat.
Pada dasarnya pembuatan manisan buah tidak memerlukan proses yang rumit. Teknologi yang digunakan dapat dipilih yang sederhana dan mudah diterapkan. Untuk membuat manisan buah, pilih buah yang tua, tetapi tidak terlalu matang, memiliki daging buah tebal, sedikit berserat, serta masih dalam kondisi segar, tidak cacat dan tidak busuk.
Bahan dan Alat
Bahan yang digunakan dalam pembuatan manisan ini adalah labu kuning 200 gram, gula pasir, garam dan air.
Peralatan yang digunakan yaitu pisau, stoples, kompor, baskom, dan kantong plastik.
Prosedur Pembuatan :
a. Buah labu kuning yang telah dibersihkan dan dikupas dipotong-potong dalam bentuk yang seragam, direndam dalam larutan garam 4%.
b. Rendam larutan Na-bisulfit 3000 ppm selama 10 menit, kemudian tiriskan dan masukkan kedalam stoples.
c. Buat larutan gula dengan konsenterasi sebesar 60%, panaskan dengan suhu 90oC selama 10 menit.
d. Masukan larutan buah kedalam stoples steril yang berisi potongan buah.
e. Lakukan pemanasan kembali pada stoples yang sudah berisi buah dan larutan gula.
f. Setelah 24 jam perendaman manisan buah diangkat dari larutan gula perendaman, tiriskan dan kemas dalam kantung plastik.
g. Untuk membuat manisan kering, manisan yang sudah direndam air gula, kemudian ditiriskan dan dikeringkan (oven 60oC selama 24 jam atau sinar matahari).

Posting Komentar untuk "MANISAN LABU KUNING YANG ENAK DAN MANIS"