Blogger Jateng

WISATA CITENGAH SUMEDANG













Sumedang identek dengan kuliner yang terkenal yaitu Tahu, Tahu Sumedang udah tersohor di pulau Jawa khususnya, tapi kali ini saya akan membahas salah satu tempat wisata di Kota Sumedang. Sejumlah tempat wisata di kawasan wisata Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan, pada musim liburan sekolah atau hari-hari besar seperti tahun baru diserbu pengunjung.

Beberapa tempat yang ramai dikunjungi di kawasan wisata Citengah ini, masing-masing Kampung Adat Cisoka, perkebunan teh Margawindu, Curug Gorobog, Kolam Renang dan Rumah Makan Cibingbin, serta Rumah Makan dan Kolam Pemancingan Tirta Sandi.

Kawasan wisata Citengah itu sendiri memang merupakan salah satu tempat wisata alam unggulan di Sumedang. Ka­renanya tidak heran, jika kawasan tersebut cukup dikenal oleh masyarakat luas.
Yoga, salah seorang pengunjung Wisata Curug gorobog, misalnya, dia bersama puluhan temannya, datang jauh-jauh dari Balongan Indramayu, ke Citengah hanya untuk merayakan liburan tahun baru.

Menurut pengakuan Yoga, kawasan wisata Citengah ini memang sangat menarik untuk dikunjungi.

Selain memiliki udara sejuk yang alami, pemandangan alam di tempat wisata ini sangat memanjakan matanya. Sehingga tidak heran jika dia bersama temannya ketagihan untuk datang ke tempat itu lagi.
Kalau di Sumedang walau cuacanya panas, tapi di daerah pegunungan nya sangat lah adem. Makanya kita sengaja beramai-ramai datang ke sini untuk menikmati hawa pegunungan yang masih asri.

Ramainya pengunjung ke kawasan wisata tersebut dibe­narkan Ketua Kelompok Peng­gerak Pariwisata (Kompepar) Desa Citengah, Ating Kurnia, selaku pengelola wisata Curug Gorobog.

Pada liburan sekarang pengunjung yang masuk ke Curug Gorobog ini memang melangalami peningkatan yang signifikan. Sampai pukul 12.00 ini saja jumlah pengunjung yang masuk sudah mencapai sekitar 600 orang lebih. Padahal biasanya pengunjung yang datang ke sini maksimal paling hanya 150 orang, katanya.

Hal yang sama diakui pula oleh Kepala Desa Citengah, Ludi Zaenal. Menurut Ludi, meski saat ini cuaca sedikit mendung, namun ternyata tidak menyurutkan niat para pengunjung untuk datang ke kawasan wisata Citengah.

Buktinya, berdasarkan laporan dari penjaga tiket, jumlah kendaraan yang masuk ke lokasi wisata pada hari libur ta­hun baru ini diperkirakan mencapai sekitar 900 kendaraan.

Di sini itu ramenya paling hari Sabtu dan Minggu saja. Kalau libur seperti sekarang jumlah pengunjungnya akan lebih banyak. Sampai siang ini saja sudah tercatat ada 900 motor dan mobil yang masuk. Berarti jika dihitung jiwa jumlahnya bisa mencapai dua ribuan jiwa.

Posting Komentar untuk "WISATA CITENGAH SUMEDANG"